Syarat dan Manfaat Donor Darah

No Comments

Salam kemanusiaan!!! bagi teman-teman semua, semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh sang pencipta. Kali ini kita berjumpa dengan pembahasan artikel yang berhubungan dengan darah. Yups, kali ini kita akan membahas tentang syarat dan manfaat donor darah.
Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut tentunya kalian tahu dengan apa yang dinamakan donor darah, akan tetapi apakah kalian mengetahui syarat dan manfaat untuk pendonor maupun untuk penerima donor darah itu sendiri? Oke, sebelum kalian bertanya-tanya lebih lanjut dan membuat kalian tambah penasaran dengan syarat menjadi pendonor dan banyaknya manfaat dari donor darah, mari kita kupas bersama-sama pentingnya manfaat donor darah. Berikut uraian dan penjelasan yang akan penulis berikan untuk kalian.
Syarat donor darah:
·           Berusia 17-65 tahun.
·           Berat badan minimal 45kg.
·           Tekanan darah systole 100-170 dan diastole 70-100.
·           Memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl.
·           Tidak menderita diabetes.
·           Tidak menderita kanker.
·           Tidak mengidap penyakit jantung dan paru-paru.
·           Tidak memiliki tekanan darah tinggi.
·           Tidak menderita epilepsi atau sering kejang-kejang.
·           Tidak mengidap sifilis.
·           Tidak menderita atau pernah menderita hepatitis b dan/atau c.
·           Tidak memiliki perdarahan abnormal atau kelainan darah seperti hemofilia.
·           Tidak mengidap atau berisiko tinggi terhadap hiv/aids misalnya pekerja seks komersial dan pecandu narkoba.
·           Tidak kecanduan minuman keras.
Manfaat donor darah untuk sang pendonor:
·      Mendapatkan pemeriksaan kesehatan. sebelum mendonorkan darahnya calon donor akan diperiksa terlebih dahulu berat badannya, tekanan darah, frekuensi nadi, kadar hemoglobin(Hb), dan pemeriksaan oleh dokter. tentu hal ini sangat menguntungkan, dimana kesehatan kitapun selalu terawasi (check-up rutin) apalagi gratis. jadi jangan takut kekurangan darah!
·         Jantung sehat. Manfaat donor darah selanjutnya yaitu donor akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung. hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular.
·    Menurunkan level iron. Setiap kali seseorang mendonorkan darahnya dapat bermanfaat menurunkan kadar iron (zat besi) dalam tubuh, turunnya level iron dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kadar besi yang tinggi memiliki potensi untuk meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular karena zat besi mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh, yang merusak arteri yang pada akhirnya mempermudah terjadinya aterosklerosis.
·           Menurunkan risiko kanker. Donor darah yang konsisten akan bermanfaat menurunkan risiko kanker, termasuk diantaranya kanker hati, paru-paru, usus besar, lambung dan kanker tenggorokan. Tingkat risiko menurun seiring dengan seberapa sering partisipan mendonorkan darahnya. (Kalian dengan aman dapat mendonorkan darah setiap 3 bulan (untuk pria) dan 4 bulan (untuk wanita)).
·      Membaharuan sel-sel darah. Bila seseorang mendonorkan darahnya, tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif.
·           Untuk membakar kalori. Seseorang akan membakar sekitar 650 kalori per sumbangan dari satu pint (500ml) darah, menurut University of California, San Diego. Pendonor darah yang rutin menyumbangkan bisa kehilangan sejumlah besar berat badan, akan tetapi jangan digunakan sebagai program penurunan berat badan ya.
·         Pemeriksaan analisis darah gratis. Saat mendonorkan darah, maka darah donor akan diperiksa di laboratorium untuk pengujian sifilis, HIV, hepatitis, dan penyakit lainnya. Pemeriksaan itu untuk menentukan apakah kalian memenuhi syarat donor darah atau tidak.
·      Keadaan psikologis lebih stabil. Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Pasalnya mereka akan lebih berpikiran jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah. Di samping itu, banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi.
·      Mencegah penuaan dini. Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit kalian beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya.
manfaat donor darah untuk penerima donor:
·           Transfusi darah untuk korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah.
·           Penderita penyakit tertentu yang akan menjalani operasi besar.
·           Kasus-kasus tertentu demam berdarah.
·           Untuk pasien talasemia mayor.
·           dan masih banyak yang lainnya.

Setelah kalian membaca dan memahami syarat dan pentingnya manfaat donor darah jangan heran apabila selanjutnya kalian akan terjangkit dengan yang namanya wabah donor darah. Kenapa seperti itu? karena dengan melakukan donor darah secara rutin tentunya tubuh kita akan dengan sendirinya merasakan manfaat yang begitu besar dan sepatutnya merasa bangga dengan diri kita, bahwa kita dinyatakan sehat tanpa ada penyakit berbahaya pada diri kita. Maka dari itu saran dari penulis ayo donorkan darah kalian secara rutin atau datangi tempat-tempat penyedia layanan donor darah dalam jangka waktu 3 bulan sekali. ayo teman-teman saatnya kita berbagi untuk sesama dan menjadi generasi penerus bangsa yang sehat.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.