SIMULASI BENCANA

No Comments
Siamo tutti fratelli
 KSR PMI Unit Universitas trunojoyo menggelar simulasi TDB (Tanggap Darurat Bencana) pada 11 Desember 2016 yang berlokasi disekitar Lapangan utama sepak bola UTM. Simulasi tersebut merupakan acara puncak kegiatan Diklatsar yang berlangsung sejak tanggal 30 Oktober 2016. Peserta Diklatsar dihadapkan pada kondisi bencana banjir  yang menyebabkan runtuhnya korban jiwa dan kerusakan pada sarana prasarana di sekitar kejadian.
Peserta yang terdiri dari 37 peserta ini dibagi menjadi beberapa tim sesuai dengan tugasnya masing-masing. Beberapa tim diantaranya adalah tim assessment yang terjun langsung ke lokasi bencana untuk menilai kondisi serta mengumpulkan data dan informasi; tim triage yang mengelompokkan korban berdasarkan kondisinya; tim PP (Pertolongan Pertama) dan evakuasi yang memindahkan korban ke tempat yang lebih aman serta memberikan penanganan terhadap cidera pada korban; tim watsan (water and sanitation) dan tim shelter yang bertugas memenuhi kebutuhan air bersih para pengungsi dan mendirikan penampungan sementara; tim dapur umum yang mambantu memenuhi kebutuhan pangan; PSP (Psycosocial Support Programme) yang bertugas memulihkan kondisi kejiwaan korban; RFL (Restoring Family Links) yang memulihkan hubungan keluarga yang terputus akibat bencana, tim logistik yang mengelola barang dan bantuan; serta ada pula tim Yankes (pelayanan kesehatan), tim ambulance, tim posko, dsb.









Simulasi tersebut bertujuan agar para calon anggota Korps Sukarela menjadi lebih peka, sigap dan peduli terhadap bencana yang terjadi. Koordinasi yang dilakukan diharapkan mampu melatih calon anggota KSR untuk menjalin kerjasama.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.